Curhatan remaja berkulit gelap

indonesia seakan – akan memiliki standar kecantikan, yaitu memiliki kulit putih, bagi orang indonesia, yang kulit putih itu cantik, yang kulit gelap itu jelek. sebenarnya kalo ga ada standar kecantikan macam ini, aku sebagai orang yang berkulit gelap mungkin mempunyai kepercayaan diri yang tinggi, namun rasanya semua terhambat hanya karna hal itu. bayangkan saja, ibu kalian sendiri bilang bahwa kalian lahir cacat hanya karna berkulit gelap, entah beliau keceplosan atau bagaimana, namun aku sebagai seorang anak pastinya sakit hati. tidak itu saja, banyak yang membandingkan aku dengan kakakku yg notabene kulitnya memang putih, ibuku juga, mereka bilang “kalian kakak adik? kok beda” “cantikan kakaknya”. ya gimana yaa aku itu punya hati kayak kalian, coba deh kalian jangan kolot, buka mata kalian celekno matamu, cantik itu nggak hanya karena warna kulit. masih ngatain temen kalian yang kulitnya gelap “dasar item” “gk pernah luluran?” “kok gk perawatan?” “pakai pemutih A bagus loh” “kulit gelap ga pantes pake baju mini”. kalian pernah ga sih dengerin omongan kalian sendiri, omongan kalian itu secara gk sadar membuat aku dan mungkin masih banyak di luar sana, merasa worthless, merasa gk cantik, merasa paling jelek dan gk pantes. dan karena itu perkembanganku terganggu, karena aku dulu merasa ‘berbeda’ merasa gk seharusnya ada disini, bahkan dulu pernah ada anak cowok seumuran aku waktu aku SD, dia dengan entengnya bilang “kamu kok item sih, kamu jelek”. Ya aku speechless dong. terus akhirnya disitulah aku mulai gak PD-an, tp kalo dipikir” lagi, punya kulit gelap itu kan gk buruk” amat, toh masih ada bule yg suka sm kulit eksotis๐Ÿ˜, jadi kita itu ga perlu bayar perawatan mahal” buat mutihin badan, yang penting badan kalian itu bersih, masalah mereka kalo mereka ga bisa nerima kulit kamu, orang kolot emang gitu. YANG PENTING ADALAH MENCINTAI DIRI SENDIRI TANPA MENYAKITI DIRI SENDIRI๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ (tp kalo kalian emng punya kulit putih agar bisa ‘diterima’ oleh masyarakat, itu pilihan kalian๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜)